Official Blog of Nugi Nugraha || Member of Google Corp & Blogger - Since 2011 || Copyrights 2011 - 2024 by Personal Blog & Google

Rabu, 29 Maret 2023

Bersyukur = Bahagia




Hal termudah yang bisa kita lakukan adalah bersyukur.

Untuk bersyukur tidak harus menunggu sampai datangnya nikmat ataupun sesuatu yang diinginkan, bagaimana jika dimulai dengan mensyukuri yang sudah ada, mensyukuri napas, mensyukuri adanya waktu dan kesempatan, mensyukuri karena masih dipertemukan dengan orang-orang baik yang memberi kebahagiaan, mensyukuri karena diri kita masih dibutuhkan oleh orang lain, dan mensyukuri banyak hal yang sebenarnya tidak pernah kita minta tapi selalu Dia berikan. 


Cara bersyukur juga bisa dengan berbagai cara, mengucapkan Alhamdulillah adalah salah satu yang paling mudah untuk dilakukan, berbagi dan membuat orang bahagia juga menjadi hal termudah tapi bisa bisa menjadi hal tersulit bagi orang yang belum terbiasa melakukannya. 


Aku pribadi, untuk saat ini tidak lagi memikirkan diri sendiri, aku merasa hadirnya aku di dunia dan ditengah-tengah mereka adalah hanya untuk membuat mereka bahagia, karena secara tidak langsung semua itu menghadirkan berlipat-lipat kebahagiaan bagi diriku. Aku bisa dengan mudah untuk tersenyum, bisa dengan mudah untuk mendapatkan rezeki, bisa dengan mudah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa untuk membahagiakan orang lain tidak harus menunggu diri kita banyak harta ataupun mempunyai segalanya terlebih dahulu, karena jika semua itu tidak pernah ada maka sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa untuk berbagi. 


Aku pernah membaca sebuah tulisan karya Neneng Asaniyah, ada beberapa manfaat tolong menolong atau berbagi kepada orang lain.


Pertama.


Dihormati dan dihargai.

Kita akan dihargai dan dihormati oleh orang lain. Tetapi jika kita menolong atau memberi kepada orang lain, tidak boleh mengharapkan imbalan apapun kepada mereka. Kita harus ikhlas.


Kedua.


Bersyukur.

Dengan membantu orang lain, kita akan merasa lebih mampu dari orang yang membutuhkan, sehingga akan meningkatkan rasa syukur kita.


Ketiga.


Mengurangi stress.

Dengan membantu orang lain, kita akan merasa bahagia karena sudah bermanfaat untuk orang lain.


Keempat.


Meningkatkan kepedulian sosial.

Ketika kita senang membantu orang lain, maka akan meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan terhadap orang yang membutuhkan bantuan.


Kelima.


Menciptakan persaudaraan dan persatuan.

Saling tolong menolong antar sesama dapat menumbuhkan rasa persaudaraan, karena  kita akan merasa saling membutuhkan satu sama lain. Selain itu, tolong-menolong juga dapat menciptakan persatuan, meskipun beda agama, suku dan ras bahkan bukan orang yang kita kenal ataupun bukan keluarga sekalipun.


Keenam.


Menularkan kebaikan.

Sikap saling tolong menolong dapat menumbuhkan kebaikan antar sesama. Dengan tolong-menolong, kita akan merasa saling membutuhkan, sehingga kita sama-sama akan melakukan kebaikan bersama.


Aku sedang merasakan bagaimana nikmatnya dari rasa bersyukur melalui itu semua, aku juga ingin orang-orang terdekatku melihat bahwa yang aku lakukan bukan semata karena aku sudah merasa cukup, tapi ya itu adalah salah satu cara untuk mendatangkan banyak kebahagiaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu disini!👇✌️😁