Official Blog of Nugi Nugraha || Member of Google Corp & Blogger - Since 2011 || Copyrights 2011 - 2024 by Personal Blog & Google

Selasa, 14 Juni 2022

Masalah (HJML part 7) 2022

 



Semua orang punya masalah dan masa lalu,

hanya itu yang kita fokuskan. Benar ?


Rasanya seperti tidak akan pernah ada harapan untuk hidup lagi ketika kita dihadapkan dengan berbagai masalah, seolah-olah hari ini adalah hari terakhir kita, atau mungkin merasa seumur hidup akan selalu dalam permasalahan. 

Sebenarnya masalah itu hanya dampak dari apa yang kita pernah lalui, tidak akan ada yang tidak mungkin untuk diselesaikan, hanya seberapa kuat kita menghadapi semua itu, atau seberapa sabar kita menghadapinya, atau mungkin juga seberapa lapang dada kita menerima semua itu. 

Memang, semua orang mempunyai permasalahan hidup masing-masing, banyak faktor juga yang menyebabkan akan adanya masalah itu, tapi banyak cara pula bagaimana kita menyelesaikannya. 


Aku pribadi bukan ahli penyelesai masalah, bahkan aku bisa dibilang pembuat masalah, itu dulu. Aku kadang masih merasa malu akan kehidupan ku di masa itu.

Kembali mengingat masa lalu, begitu banyak masalah yang aku lakukan, selain merugikan diri sendiri aku juga merugikan orang lain. Dulu, aku selalu berlari dari setiap masalah yang ada dan menciptakan masalah yang lain, begitu seterusnya lagi dan lagi. Dan dampak negatif jangka panjang yang aku rasakan adalah semua orang masih mempermasalahkannya sampai detik ini, emhhh mungkin sebagian. 

Beda halnya kalau sekarang aku dihadapkan suatu masalah, aku tidak ingin pergi begitu saja, karena sedewasa ini rasanya aku cukup merasa tanggungjawab untuk diri sendiri sangatlah penting, aku sudah terbiasa menyelesaikan masalah sendiri, rumit atau tidaknya ya itu tergantung juga ya, hanya saja seperti menambah beban hidup jika aku harus kembali lari dari satu masalah dan menumpuk masalah lain. 

Aku mempunyai kendali atas diriku sendiri, aku selalu tidak ingin ada orang lain yang mengendalikan, begitupun ketika ada masalah, aku selalu menjadikan diriku sebagai tameng pertama untuk menghadapinya, tapi memang tidak sekuat itu, ada kalanya aku juga masih membutuhkan orang lain jika ada suatu masalah yang tidak bisa aku selesaikan sendiri. Tapi aku bisa belajar dari banyaknya masalah. 

Ya, tentu saja tidak semudah itu. Aku juga tidak secepat itu belajar cara berpikir logis akan hal dari permasalahan, mungkin karena ya itu dia tadi, saking banyaknya masalah yang pernah aku buat di masa lalu, jadi sedikit banyaknya aku mulai faham bagaimana cara menghadapinya.


So, adakah orang yang hidup tanpa masalah ?


Jawabannya mudah, tidak akan pernah ada orang yang selama dia masih hidup tidak akan bertemu dengan masalah. 


Yang aku alami, masalah itu selalu ada saat kita melakukan sesuatu entah itu disengaja atau memang something masalah yang menghampiri kita. 

Tapi, kita masih bisa meminimalisir terjadinya masalah. Tentu saja tidak mudah, butuh waktu yang cukup lama dan perjalanan panjang untuk hidup seperti itu. 

Dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita menghadapi masalah itu. Tapi akan sepanjang apa hidup kita? 


Akan sepanjang apa hidup kita? Akan hidup seberapa lama?


Kenapa kita selalu fokus akan sesuatu yang membuat hidup kita semakin hari semakin rumit? 

Bagaimana kalau kita mulai fokus untuk hal-hal yang membuat hidup kita lebih tenang tanpa masalah? Ya, masalah memang akan selalu ada. Bahkan ketika kita jatuh cinta pun masalah itu akan ada, tapi mungkin kita masih bisa meminimalisir terjadinya banyak masalah karena cinta. Tapi, apa iya orang yang sedang jatuh cinta masih bisa mengontrol antara emosi dan pikirannya? Bahkan kebanyakan mereka yang sedang jatuh cinta selalu menjadi nomer satu si pembuat masalah?


"Aku tidak" ๐Ÿ˜ง

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu disini!๐Ÿ‘‡✌️๐Ÿ˜