Official Blog of Nugi Nugraha || Member of Google Corp & Blogger - Since 2011 || Copyrights 2011 - 2024 by Personal Blog & Google

Kamis, 21 September 2023

Bumi dan Ketidaksempurnaannya



Antara surga dan neraka, ada tempat yang tak sempurna, yaitu bumi. 

Ditengah ketidaksempurnaan bumi, ada manusia yang masih belajar saling memahami dan menemukan juga saling sapa seperti matahari dan bulan meskipun tidak pernah bersama tapi keduanya saling memberi.


Meskipun masih ada manusia yang terkadang terlalu fokus untuk masa depan yang belum tentu bisa mereka jalani, melupakan masa sekarang ditengah ketidakpastian yang pada kenyataannya adalah hanya saat ini yang bisa membuat mereka bahagia. 


Ketika ada manusia yang berusaha saling mengerti ditengah perjalanan mereka masing-masing, saling menguatkan, saling bercerita, saling berbagi, saling mengisi, saling menenangkan yang pada kenyataannya mereka sama-sama sedang rapuh. Maka disitulah letak kesempurnaan yang sebenarnya. 


Aku tau, terkadang aku merasa tidak pantas untuk dicintai ataupun mencintai, tapi pada akhirnya aku sadar bahwa bukan cinta yang aku cari dan bisa aku berikan.. Cinta itu akan hilang dengan sendirinya begitu cepat, tapi yang membuat bertahan hanyalah rasa peduli dan saling mengerti juga menerima. 

Dan sampai kapanpun aku akan tetap berdiri menjadi pribadi yang apa adanya, mematahkan perasaan yang tidak pernah pantas untuk dicintai ataupun sebaliknya.


Mungkin aku pernah mengecewakan orang lain, pernah dikecewakan oleh mereka, pernah menyakiti orang lain dan mungkin pernah disakiti oleh mereka, tapi diriku yang sekarang tidak dibentuk dari itu semua. Aku tidak akan pernah bisa menyalahkan masa lalu dan keadaan ataupun orang lain. 

Karena diriku adalah apa yang sebenarnya benar menurut keyakinanku. 


Aku tidak bisa meyakinkan orang lain, tidak bisa berjanji kepada mereka, tidak akan pernah mampu untuk mengendalikan pemikiran dan perasaan mereka tentang diriku, aku adalah aku. 

Tapi satu hal yang mungkin akan aku katakan, bahwa aku tidak akan pernah membiarkan siapapun mengubah apa yang sudah aku pilih, yang sudah aku lalui dan sudah aku pertahankan selama ini, kecuali orang itu bisa memberi alasan yang bisa aku terima diluar dalil dan sekutunya. (Memangnya ada?)


Aku percaya akan selalu ada orang yang tidak pernah menyukai akan keputusanku, tapi aku juga selalu percaya masih banyak orang yang akan mengatakan, "kami menerima kamu apa adanya sebagai keluarga dan teman". 

Aku selalu bersyukur karena masih banyak orang yang terus terang mengatakan bahwa mereka tidak menyukaiku, dan dibalik itu ternyata masih banyak juga orang yang bersedia menerimaku apa adanya.


Aku tidak akan pernah meminta lebih, aku sudah merasa cukup dengan semua ini. 

---

Bila air yang sedikit sudah mampu menghilangkanmu rasa haus maka tidak perlu lagi meminta air yang lebih banyak yang bisa saja menenggelamkanmu.

Jangan memaksakan yang kamu belum mampu, bisa saja jatuh bangunmu selama ini adalah pelajaran membuat kapal.

Jika nanti air yang lebih banyak diberikan, kamu sudah mempunyai kapal yang bisa membuatmu berlayar tanpa takut lagi tenggelam.


Kapal tidak tenggelam karena air disekelilingnya, tapi kapal tenggelam karena air yang masuk kedalamnya.

Jangan biarkan apa yang terjadi disekitarmu masuk kedalam pikiran dan memberatkanmu.

---


Tentang perasaan, yang butuh waktu yang cukup panjang untuk dapat memutuskan apakah harus dilanjutkan atau dihentikan, karena pada dasarnya perasaan saja tidakkah cukup karena akan seimbang jika bersama dengan pemikiran. 

Mungkin aku akan jatuh hati kepada seseorang dengan mudah dan dengan cepat, tapi sejauh ini aku masih sulit jika harus sampai ke tahap jatuh cinta, itu level yang berbeda. 


Aku suka terinspirasi oleh orang yang aku temui, mengetahui sisi lain dari dirinya, mendengarkan banyak cerita hidupnya, meskipun masih banyak dari mereka yang salah mengartikan semua itu. 

Again, kita tidak akan pernah bisa mengontrol apa yang ada di dalam diri orang lain, entah itu pemikirannya, perasaannya, dan mungkin niat-niatnya. Tapi satu hal yang mungkin bisa kita jaga, yaitu bagaimana reaksi kita terhadap apa yang kita terima. 


---


Hope all is well.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu disini!👇✌️😁