Official Blog of Nugi Nugraha || Member of Google Corp & Blogger - Since 2011 || Copyrights 2011 - 2024 by Personal Blog & Google

Minggu, 26 Februari 2023

Mengimbangi 2 Hal

 



Semua orang pernah melakukan kesalahan, semua orang juga pernah berbohong, semua orang juga pernah mengecewakan orang lain, dan semua orang juga pernah mengalami banyak hal yang tidak baik dalam hidupnya, tapi tidak banyak orang yang menyadarinya bahkan menganggapnya hal biasa hingga tidak pernah mau merubah dirinya ke arah yang lebih baik. 

Aku pribadi sering mengalami perubahan dalam hidup, dan semua itu terjadi bukan dalam waktu yang panjang atau terjeda melainkan bisa terjadi secara bersamaan. Bersamaan dalam artian aku bisa merubah pribadi aku secara langsung dan pada saat itu juga. Dan yang lebih tidak habis pikir jika dipikirkan adalah aku bisa melakukan dua hal dalam waktu yang sama dan berperan menjadi dua orang yang berbeda pada saat bersamaan, aku juga bisa merasakan dua hal yang berbeda dalam situasi tertentu. 

Oh no no. Ini bukan kepribadian ganda atau semacamnya, karena aku melakukannya secara sadar, aku bisa baik sekaligus jahat secara bersamaan, aku bisa sayang sama orang sekaligus membencinya secara bersamaan, aku bisa peduli terhadap seseorang tapi aku juga bisa acuh dan tidak peduli saat itu juga. Bermuka dua? 


Anyway, diluar sisi dan pribadi aku yang membingungkan bagi orang lain, aku selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Bahkan menurut aku yang paling mengenal dan paling memahami diri aku sendiri, dalam hampir satu tahun ini sudah merasa jauh lebih baik daripada sebelumnya, aku bisa mengontrol emosi, bisa mengontrol sikap, lebih bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi, bersikap dewasa dan belajar mengerti orang lain, mempunyai tujuan hidup, sering berusaha untuk melakukan kebaikan-kebaikan kecil. Jauh berbeda dari kehidupanku yang dulu. Bagi orang terdekat aku atau yang sering membaca blog aku mungkin tau salah satu alasannya, kenapa. 


Tentang berbuat kebaikan, aku merasa tidak harus menunggu diri aku baik atau merasa cukup dulu, dan aku juga tidak harus melakukannya secara sempurna, karena ketika ada kebaikan sekecil apapun yang aku miliki yang bisa aku berikan kepada orang lain, ya aku memberikannya. Karena aku selalu percaya bahwa kebaikan sekecil apapun akan tumbuh dan akan menyempurnakan kebaikan-kebaikan yang pernah dan akan aku lakukan kedepannya.

Itulah kenapa aku selalu yakin bahwa tidak harus menunggu untuk lebih atau bergelimang harta dulu, jangan menunggu waktu itu datang baru mau melakukan kebaikan, tapi berbuat baiklah secepatnya. Dan yang paling penting adalah ikhlas. 

Tentang ikhlas, menurut aku ikhlas itu tidak diucapkan atau sekalipun dengan mengangguk atau isyarat lainnya, ikhlas itu diam, karena kalau ikhlas sudah diutarakan ya bukan ikhlas lagi namanya. 


Aku pernah mendengar seseorang berkata bahwa ketika kebaikan dilakukan maka keburukan akan dihapuskan, ada juga yang berkata ketika berbuat kebaikan kemudian melakukan keburukan maka kebaikan itu akan menutup keburukan. Tidak terbayang kalau saja aku selalu bisa melakukan kebaikan secara terus menerus, karena aku juga selalu percaya ketika berbuat kebaikan kepada orang lain maka kebaikan itu akan menular dan menyebar. Andai saja.


Oh iya, kita semua manusia berdosa, tidak ada satu orangpun yang tidak pernah berbuat dosa, banyak kesalahan yang pernah manusia lakukan termasuk aku pribadi. 

Tapi dibalik itu kita semua selalu ingin bertemu dengan hal-hal baik, terkadang konsepnya sudah tidak masuk akal karena ingin baik-baik saja tapi melakukan yang buruk-buruk juga. 

Aku bisa memperbaiki konsep itu, dengan cara kita bisa melakukan keduanya secara bersamaan. 

Realistis saja, kita tidak bisa hidup dalam satu jalur terus menerus, namanya juga manusia. 

Mengimbangi adalah cara terbaik untuk menjalani kehidupan sebagai manusia di zaman ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu disini!👇✌️😁