Official Blog of Nugi Nugraha || Member of Google Corp & Blogger - Since 2011 || Copyrights 2011 - 2017 by Personal Blog & Google

Minggu, 13 Februari 2011

Indahnya Memaafkan

Maaf adalah kata kunci untuk membuka pintu dendam dan belenggu kebencian.

Maaf mengandung sebuah kekuatan yang sanggup mematahkan rantai kepahitan dan keterikatan pada sifat mementingkan diri,” demikianlah ungkapan manis yang keluar dari seorang yang bernama William Arthur Ward.
Memaafkan kesalahan-kesalahan kecil jelas lebih mudah. Tapi kesalahan-kesalahan besar, atau bahkan yang menurut kita fatal, tentu tidak semudah itu. Jangankan memaafkan, melupakan saja mungkin sulit. Bahkan setelah lama berlalu pun, bisa jadi kesalahan itu akan seperti rekaman video yang kadang-kadang (atau bahkan masih sering) berputar dan berputar lagi di dalam ingatan Anda. Banyak orang beranggapan, untuk bisa secara total memaafkan kesalahan orang lain, cara termudah adalah melupakan perbuatan yang menyakitkan itu atau sekaligus melupakan orang yang berbuat kesalahan. Anda seolah-olah tinggal membuka.
Bila kita tersakiti maka kita akan selalu mengingat kesalahan orang lain, rasa sakit itu berubah menjadi benci. Tidak peduli penyebab luka itu apakah benar-benar ada atau tidak, secara perlahan luka itu menggerus hati kita kemudian keluar dari tubuh kita dan merusak sekitar, orang-orang disekeliling kita untuk menyebarkan kebencian. Kita semua tahu bahwa bila kita terserang rasa kebencian. Maka kita memiliki ingatan yang luar biasa sampai hal terkecil yang dibencinya juga masih diingatnya. daftar panjang dimilikinya karena ruang hatinya menjadi penuh sesak dengan kebencian, tidak menyisakan ruang untuk cinta dan kasih sayang.
Memaafkan dan memohon maaf berarti membersihkan diri dari segala kotoran hati seperti kebencian, kemarahan, dengki dan rasa sakit. Sehingga ruang hati kita tumbuh semangat dan motivasi hidup yang positif dan kasih sayang untuk sesama. Makna Memohon maaf dan memaafkan keduanya sama-sama indah karena perbuatan baik dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
‘Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. (QS. Ali- Imran : 134).
lembaran baru dari sebuah buku, dan membuang catatan-catatan buruk sebelumnya. Tapi tentu saja, pengalaman hidup tidak sama dengan buku yang bisa tinggal dirobek dan dibuang. Apa yang pernah tertoreh di dalam kehidupan akan menjadi catatan yang terpatri selamanya. Ia akan menjadi sejarah yang mau tak mau harus kita terima sebagai bagian dari perjalanan hidup Anda.
Memaafkan tidak sama dengan melupakan. Proses memaafkan kesalahan yang besar membutuhkan waktu yang cukup panjang. Biasanya dimulai dengan munculnya emosi-emosi negatif yang intens, sebelum akhirnya kita mampu memahami kejadian yang menyakitkan itu dari sudut pandang yang lebih luas dan positif. Singkat atau lamanya proses ini tidak sama untuk setiap orang
Memaafkan berarti membuka hati dan pikiran kita untuk menerima permintaan seseorang, agar kita mau melupakan kesalahan yang pernah diperbuatnya. Pikiran kita yang tidak mau memaafkan orang lain sebenarnya menyembunyikan kesadaran kita atas kenyataan bahwa kita memenjarakan diri kita dengan terpaku pada amarah dan kebencian.
Memaafkan adalah jalan menuju kebahagiaan dan jalan tercepat untuk menyingkirkan penderitaan dan sakit hati. Memaafkan mampu memberi perasaan damai dan menjernihkan pikiran kita, sehingga kita dapat hidup dengan tenang dan damai tanpa dibayang-banyangi dengan perasaan dendam.
Bila sedemikian pentingnya peran memaafkan ini, mengapa kita begitu sulit untuk memaafkan orang lain? Mudah-mudahan, kita diberi-Nya kelapangan hati untuk memaafkan orang lain.
Sifat pemaaf ini dicontohkan oleh Rasulullah dalam kehidupan bermasyarakat. Rasulullah tidak pernah membalas orang lain yang menyakitinya, selama tidak menyinggung masalah agama Islam. Namun, apabila melecehkan kehormatan Islam dan yang berhubungan dengan hak-hak Allah, beliau tidak memberi maaf. Sebab, pemaafan dalam hal ini berarti pelecehan terhadap hak-hak Allah.
Memaafkan adalah gerbang kedamaian dan ketenteraman dalam hidup kita. Pintu gerbang itu kecil sekaligus sempit dan hanya bisa dimasuki dengan menundukkan kepala kita. Tidak mudah untuk menemukannya namun bila kita sungguh-sungguh untuk mencarinya maka kita akan menemukannya. Memaafkan hampir tidak pernah kita temukan dalam keadilan hidup didunia, yang memaksa kita agar membalas sakit dengan sakit, memaafkan hanya kita akan temukan bila kita mampu menyingkirkan.
Maaf merupakan jembatan yang harus diseberangi oleh kita semua untuk meninggalkan kepedihan, sakit hati, putus asa, amarah, dan berbagai penderitaan lain. Kita memerlukan keberanian, kerendahan hati, dan kemauan yang besar untuk menempuh risiko ketika menyeberangi jembatan itu, tapi di ujung sana; kedamaian, kebahagiaan, cinta, dan kenyamanan telah menanti kita. Memaafkan secara tuntas memungkinkan kita hidup secara penuh. Allah swt berfirman, “Jika kamu menyatakan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa.” QS an-Nisaa’ [4]: 149
Begitu seringnya kita menghidupkan kembali kepahitan-kepahitan masa lalu dan bangga akan status kita sebagai seorang martir dalam setiap kejadian. Tapi sayang, ia diikuti pula oleh rasa marah, kebencian yang meracuni pengalaman yang mestinya sangat membahagiakan itu. Hanya ada satu obat dalam hal ini yaitu memaafkan dan melupakan kepahitan-kepahitan itu. Brian Tracy menyarankan agar kita “membagi selimut maaf kepada siapa pun untuk apa pun yang pernah mereka perbuat untuk menyakiti Anda.”


Sumber & MuWaN's Created

3 komentar:

  1. KAdang aku berfikir juga kaya gitu ka...
    aku udah minta maaf ke dia.. sampe nangis-nangis segala.. tapi dia bilang aq ga ikhlas maafin kamu..dia pergi gitu aja.. dan sejak saat itu di kelas. aku rasa dia makin benci sama aku.. sampai-sampai temann sekelasku juga pada ikutan.. aku ga tahan dg keadaan yg kaya gini ka..
    apa kaka punya solusinya..
    btw..
    blog kakaka ini yg d bhaz udah baguzz..
    :D

    BalasHapus

Komentar anda akan memotivasi blog ini lebih cemerlang..